BANTUL – Idul Adha merupakan momentum tepat untuk menumbuh suburkan jiwa kesetiakawanan dan solidaritas terhadap sesama. Memaknai Hari Raya Idul Adha 1440 H, SMP Muhammadiyah Piyungan melakukan pemotongan satu ekor sapi hewan qurban. Pemotongan hewan qurban tersebut merupakan kegiatan praktik ibadah bagi siswa dengan tujuan agar mereka dapat mempraktekkan pengetahuan tentang qurban sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri kwpada Allah SWT..

Pelaksanaan praktek ibadah Qurban di SMP Muhammadiyah Piyungan tidak dilaksanakan tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah 1440 H seperti yang biasa dilakukan di tempat-tempat lain. Panitia memilih tanggal 11 Dzulhijjah 1440 H sebagai hari penyembelihan dengan pertimbangan karena pada hari tersebut semua siswa sudah bisa berangkat ke sekolah sehingga mereka bisa lebih memahami bagaimana praktik berqurban dapat dilakukan dengan baik dan benar seperti yang disyariatkan.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban selain sebagai bentuk kegiatan praktik ibadah yang diperuntukkan bagi siswa, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dikalangan siswa terhadap sesama utamanya kepada para duafa.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *